MAN 1 Muaro Jambi


Diposting Pada: Jumat, 05 Februari 2021
Tanamkan Cinta Al-Qur’an Mansamuja Selenggarakan Kegitan BTQ


Tanamkan Cinta Al-Qur’an Mansamuja Selenggarakan Kegitan BTQMansamuja – Memanfaatkan masa Pandemi Covid -19 yang menerapkan pembelajaran jarak jauh, Guru Bahasa Arab MAN 1 Muaro Jambi (Mansamuja) memberikan pembekalan dan pendampingan baca tulis Alquran kepada para siswanya. Muhammad Khadafi Ritonga, S.Pd.I selaku guru yang bertnggung jawab memberikan bimbingan memberikan penjelasan bahwa kegiatan ini diprioritaskan kepada para siswa yang belum lancar bahkan sama sekali belum bisa membaca dan atau menulis huruf hijaiyah. “Kegiatan bimbingan baca tulis Alquran ini kami berikan kepada para siswa yang membutuhkan, dengan menanamkan cinta pada Alquran semoga membawa keberkahan untuk para siswa, guru, orang tua dan madrasah”, Ujar Khadafi.

Adapun siswa yang mengikuti kegiatan ini didominasi siswa yang rumahnya dekat madrasah. Kafafi memberikan penjelasan bahwa belajar membaca dan memahami Al-Quran di mana dan kapan saja meski harus berada di rumah. Semua bisa dibimbing oleh pengajar yang telah bersanad atau dengan makna ilmu yang sudah sama dengan apa yang disampaikan Rasulullah. Alumni UIN STS Jambi yang pernah menghabiskan masa rmajanya di ponpes ini uju menjelaskan tentang keutamaan membaca Alquran. Berikut ini beberapa keutamaan membaca Alquran setelah sholat yang perlu dibaca setiap hari:

1. Mendapat Pahala Berlipat
Memiliki banyak keistimewaan, Rasulullah SAW dalam sabdanya mengatakan bahawa orang yang membaca satu huruf ayat Alquran akan diberikan balasan oleh Allah SWT 10 kali lipat. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

2. Derajatnya Diangkat
Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Alquran dan mempelajari isi kandungannya serta mengamalkannya setiap hari.

3. Mendapatkan ketenangan hati
Sebagaimana dituangkan dalam surah Al-Isra [17] ayat 82 bahwa Alquran diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga keutamaan membaca Alquran di rumah ataupun di masjid akan mendapatkan ketenangan jiwa.

4. Mendapat Pertolongan Allah SWT di hari Kiamat
Keutamaan membaca Alquran dengan tartil akan mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat.

5. Terbebas dari Aduan Rasulullah SAW pada Hari Kiamat
Memperbanyak membaca Alquran akan mengantarkan kemudahan ketika kita menghadap Allah SWT.

6. Dihadiri Malaikat
Rumah yang dibuat untuk membaca Alquran akan dihadiri malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahanya menjadi luas.

7. Ditempatkan Bersama Malaikat
Dikutip dalam islam.nu.or.id, orang yang mahir membaca Alquran nantinya akan ditempatkan bersama malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah yang selalu berbuat kebaikan.

 


96x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Siswa MAN 1 Muaro Jambi Masuk ke Jenjang Provinsi ajang KSN 2021 118x dibaca
  2. Tim Peneliti Muda MAN 1 Muaro Jambi Masuk 15 Besar Nasional 603x dibaca
  3. Pengurus OSIM MAN 1 Muaro Jambi 2021 Hari Ini Dilantik 89x dibaca
  4. Peringatan HUT ke 74 PGRI dan HGN 2019 di MAN 1 Muaro Jambi 165x dibaca
  5. 4 Siswa MAN 1 Muaro Jambi dipanggil Disparpora Muaro Jambi 56x dibaca

Halaman ini diakses pada 03-10-2022 08:37:26 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 18.208.132.74
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved