MAN 1 Muaro Jambi


Diposting Pada: Rabu, 10 Agustus 2022
Pelakanaan AKMI Di MAN 1 Muaro Jambi Berjalan dengan Lancar


Pelakanaan AKMI Di MAN 1 Muaro Jambi Berjalan dengan LancarSungai Gelam (MAN 1 Muaro Jambi) Pelaksanaan AKMI di hari ini (10/8) di MAN 1 Muaro Jambi berjalan dengan lancar dan tertib. Peserta AKMI berasal dari kelas XI. Pelaksanaan AKMI diikuti oleh 85 peserta. Menggunakan 2 ruang, 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 08.00-09.30 WIB sedangkan sesi 2 dimulai pukul 10.00-11.30 WIB.

Waka Kurikulum, Suratno,S.Pd.,M.Pd. menjelaskan bahwa AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) adalah sebuah penilaian / evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya.

Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan
operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, serta kesadaran bagaimana sains dan teknologi mempengaruhi manusia dan lingkungan. Literasi sosial budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa, termasuk kemampuan untuk menerima dan beradaptasi, serta bersikap secara
bijaksana atas keberagaman
Kegiatan AKMI ini tidak diikuti oleh seluruh MA yang ada di Indonesia. MAN 1 Muaro Jambi satu-satunya
madrasah yang dipilih dari Kabupaten Muaro Jambi. Meskipun demikian dapat melaksanakan dengan baik. “Alhamdulilah pelaksanaan AKMI hari ini dapat berjalan dengan lancar hal tersebut tidak terlepas dari kinerja operator madrasah ibu Leni Sundari yang sigap menghandel kegiatan ini”, ujar Suratno.

 


35x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Siswi MAN 1 Muaro Jambi Ikuti Malam Puncak Pemilihan Bujang Gadis Muaro Jambi 2020 279x dibaca
  2. MAN 1 Muaro Jambi Sukseskan KSM Tingkat Kabupaten 501x dibaca
  3. 6 Caleg Dapil Jambi Berasal dari MAN 1 Muaro Jambi 143x dibaca
  4. Sepekan Pelaksana UM di MAN 1 Muaro Jambi Berbasis Android 45x dibaca
  5. SPAN PTKIN Sudah Dibuka, Siswa MAN Sudah Siap Tentukan Pilihan 195x dibaca

Halaman ini diakses pada 03-10-2022 08:43:22 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 18.208.132.74
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved